Cerita Sejarah Ramayana

Kisah Cerita Ramayana

Selamat datang para pecinta kisah-kisah cerita silat dan romantika dunia persilatan. Kali ini saya tidak mengupload cerita silat mandarin lagi seperti biasanya dikarenakan kebetulan saja pas browsing menemukan cerita klasik yang cukup melegenda, yaitu tentang Ramayana. Cerita Ramayana berkisah tentang Prabu Rama dan Istrinya Dewi Sinta. Kisah ini cukup populer dan dibuat film layar lebarnya bahkan dalam bentuk sinetron berseri di layar kaca berbagai negara termasuk di Indonesia. Berikut ini anda bisa mendownload kisahnya secara lengkap. Tapi sebelumnya jika anda ingin mengetahui ringkasan kisahnya akan saya ceritakan sedikit sinopsis kisah Ramayana terlebih dahulu.

Kisah Ramayana ini terdiri dari tujuh episode sesuai dengan banyaknya kitab yang ditulis, yaitu:

Episode 1 : Kitab Balakanda.

Sinopsis cerita : Prabu Dasarata memiliki tiga permaisuri, yaitu: Kosalya, Kekayi, dan Sumitra. Dari mereka bertiga Prabu Dasarata mendapatkan putra empat orang, yaitu: Rama, Bharata, Lakshmana dan Satrughna. Dari Dewi Kosalya, lahirlah Sang Rama. Dari Dewi Kekayi, lahirlah Sang Bharata. Dari Dewi Sumitra, lahirlah putera kembar, bernama Lakshmana dan Satrugna. Keempat pangeran tersebut sangat gagah dan mahir bersenjata. Pada Kitab Balakanda ini selain menceritakan silsilah prabu Rama juga menceritakan kisah Sang Rama yang berhasil memenangkan sayembara dan memperistri Dewi Sinta, puteri Prabu Janaka.

Episode kedua 2 : Kitab Ayodhyakanda

Sinopsis cerita : Rama dibuang ke hutan bersama Dewi Sinta dan Lakshmana karena permohonan Dewi Kekayi yang licik dan berhasil membuat Prabu Dasarata tidak mampu berbuat ta apa-apa. Setelah itu, saking sedihnya dan usianya yang memang sudah renta Prabu Dasarata wafat. Bharata, putra dari Dewi Kekayi yang digadang-gadang akan menjadi pangeran menggantikan Prabu Dasarata, tidak ingin dinobatkan menjadi Raja. Ia kemudian menyusul Rama ke hutan untuk membujuk Rama agar mau memimpin kerajaan menggantikan Prabu Dasarata. Tetapi Rama menolak untuk kembali ke kerajaan. Akhirnya Bharata memerintah kerajaan atas nama Sang Rama.

Episode 3 : Kitab Aranyakakanda.

Sinopsis cerita : Rama, Sinta, dan Lakshmana berada di tengah hutan selama masa pengasingan. Di sana, Rama sering membantu para pertapa yang diganggu oleh para raksasa. Pada suatu hari Dewi Sinta diculik oleh Rawana yang memperdaya Dewi Sinta melalui ilmunya malih rupa menjadi petapa tua yang sakit-sakitan. Diceritakan pula kisah pertarungan antara Burung Sakti Jatayu dengan Rawana dalam usahanya merebut kembali Dewi Sinta tetapi gagal. Akhirya Burung Jatayu dirontoki bulunya oleh Rawana.

Episode 4 : Kitab Kiskindhakanda

Sinopsis cerita : Kitab Kiskindhakanda menceritakan kisah pertemuan Sang Rama dengan Raja kera sakti bernama Sugriwa. Sang Rama membantu Sugriwa merebut kerajaannya dari Subali, kakaknya. Dalam pertempuran sengit di gua Kiskendha, Subali terbunuh. Sugriwa akhirnya menjadi Raja di Kiskendha. Kemudian bersama Sang Rama, Sugriwa bekerja sama untuk menggempur Kerajaan Alengka, sebuah kerajaan raksasa yang dikuasai oleh Rawana.

Episode 5 : Kitab Sundarakanda

Sinopsis cerita : Kitab Sundarakanda menceritakan kisah tentara kera kerajaan Kiskendha yang dipimpin oleh Sugriwa membangun jembatan Situbanda yang menghubungkan India dengan Alengka. Hanuman--seekor kera putih yang sakti, menjadi duta Sang Rama pergi menuju Alengka dan menghadap Dewi Sinta. Di sana ia ditangkap oleh tentara raksasa miliknya Rawana namun dapat meloloskan diri dan memporakporandakan kerajaan Rawana dengan membakar ibukota Alengka.

Episode 6 : Kitab Yuddhakanda

Sinopsis cerita : Kitab Yuddhakanda menceritakan kisah pertempuran antara laskar kera kerajaan kiskendha dipimpin Sang Rama dengan pasukan raksasa anak buanya Sang Rawana. Cerita diawali dengan usaha pasukan Sang Rama yang berhasil menyeberangi lautan dan mencapai Alengka. Sementara itu Wibisana diusir oleh Rawana karena terlalu banyak memberi nasihat. Dalam pertempuran, Rawana gugur di tangan Rama oleh senjata panah sakti. Sang Rama pulang dengan selamat ke Ayodhya bersama Dewi Sita.

Episode 7 : Kitab Epittarakanda  

Sinopsis cerita : Kitab Uttarakanda menceritakan kisah pembuangan Dewi Sinta karena Sang Rama mendengar desas-desus dari rakyat yang sangsi dengan kesucian Dewi Sinta. Kemudian Dewi Sinta tinggal di pertapaan Resi Walmiki dan melahirkan Kusa dan Lawa. Kusa dan Lawa datang ke istana Sang Rama pada saat upacara Aswamedha. Pada saat itulah mereka menyanyikan Ramayana yang digubah oleh Resi Walmiki.

Demikian sinopsis/kisah singkat tentang Ramayana. Jika Anda menginginkan ebooknya silahkan download ebook cerita Ramayana di bawah ini dengan gratis.
RAMAYANA

Cerita silat lainnya

Jejak para suhu