Sinopsis Trilogi Pendekar Pemanah Rajawali

Sinopsis Trilogi Pendekar Pemanah Rajawali | Cerita-silat.com
Selamat datang enghiong di lapak cerita-silat.com. Kali ini teecu hendak mempersembahkan sinopsis sebuah cerita silat yang cukup fenomenal karya Chin Yung, yaitu Trilogi Pendekar Pemanah Rajawali. Pada tahun 90an cerita silat ini pernah diadaptasi menjadi film serial di televisi nasional Indonesia berjudul Pendekar Rajawali dengan pemeran utamanya Andy Lau sebagai Yo ko.
Cerita silat Trilogi Pendekar Pemanah Rajawali terdiri dari tiga seri:

  1. Pendekar Pemanah Rajawali (Sia Tiauw Eng Hiong)
  2. Kembalinya Pendekar Rajawali (Sin Tiauw Hiap Lu)
  3. Rajawali Sakti dari Langit Selatan (Sin Tiauw Thian Lam)

Trilogi Pendekar Pemanah Rajawali
Pendekar Pemanah Rajawali

1. Pendekar Pemanah Rajawali ( Sia Tiauw Eng Hiong )

Series : Trilogi Pendekar Rajawali seri 1
Penulis : Ching Yung/Jin Yong
Genre : Cerita Silat Mandarin
    
Awal dari Trilogi Pendekar Rajawali karya Chin Yung
Kisahnya dimulai ketika dua pahlawan, Yo Tiat Sim dan Kwee Siauw Thian yang setia pada Dinasti Song ternyata dibunuh oleh pasukan negaranya sendiri atas bujukan bangsawan negeri Kim, Wanyan Hong Lie. Istri Kwee Siauw Thian, Li Ping melahirkan seorang putra yang bernama Kwee Ceng di padang rumput Mongolia. Ia tumbuh menjadi pria gagah namun bersifat polos dan rada ketololan.

Sedangkan istri Yo Tiat Sim, Pao Sek Yok terpaksa menjadi istri Wanyan Hong Lie demi membesarkan putranya, Yo Kang namun juga bernama Wanyan Kang. Akibat pertikaian pihak 7 Pendekar Aneh Kang Lam yang menjadi guru Guo Jing dengan guru Yo Kang, Imam Khu Ci Kee dari Partai Coan Cin, Kwee Ceng harus bertarung dengan Yo Kang untuk menentukan siapa yang lebih unggul ilmu silatnya setelah besar.


2. Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali (Sin Tiauw Hiap Lu)

Series : Trilogi Pendekar Rajawali seri 2
Penulis : Ching Yung/Jin Yong
Genre : Cerita Silat Mandarin

Sekuel kedua dari trilogi Pendekar Rajawali yang melegenda.
Latar belakang kisah novel ini terjadi pada masa keruntuhan dinasti Song (960-1279), pertengahan abad ke-13. Putra Yo Kang (tokoh antagonis dalam kisah sebelumnya Kisah Pendekar Pemanah Rajawali atau Legenda Pendekar Pemanah Rajawali) adalah seorang yatim piatu, yang dibesarkan oleh saudara angkat ayahnya, Kwee Ceng. 
Selain kejahatan ayahnya, leluhur Yo Ko adalah patriot dimasa lalu. Kakeknya Yo Tiat-sim adalah salah satu dari 108 pendekar bukit Liang Shan, yang juga merupakan keturunan langsung keluarga Jendral Yo Cai-hin, yang menumpahkan darah membela dinasti Song selama lima keturunan.
Nama Yo Ko diberikan oleh Kwee Ceng (kakak angkat Yo Kang, ayahnya). Nama Ko bermakna "berlalu", dan Yo yang berarti "memperbaiki/mengubah". Melalui nama tersebut, Kwee Ceng berharap Yo Ko kelak akan berubah atau berbeda sikap dan sifat dengan ayahnya, Yo Kang yang dalam masa hidupnya terkenal keji dan licik.
Lima generasi Yo ini, dari bangsawan Yang Jiye -yang menjadi hamba kaisar Song Taizu- sampai dengan Yo Cai-hin yang kemudian meninggal dalam membela Panglima Yue Fei di Sungai Xiaoshang melawan pasukan kerajaan Jing, adalah tokoh-tokoh nyata dalam sejarah Tiongkok.
Dalam kisah ini, Yo Ko jatuh cinta kepada gurunya, Gadis Naga Kecil / Siauw Liong-lie. Hubungan ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai saat itu. Dalam ajaran Konfusius, hubungaan kasih antara guru dan murid adalah hubungan terlarang. Di akhir kisah ini mereka berhasil melalui semua rintangan dan hidup berbahagia bersama.

Pendekar Pemanah Rajawali



3. Judul : Rajawali Sakti dari Langit Selatan (Sin Tiauw Thian Lam)

Series : Trilogi Pendekar Rajawali seri 3
Penulis : Ching Yung/Jin Yong
Genre : Cerita Silat Mandarin

Lanjutan Kembalinya Pendekar Rajawali Yo Ko. Setelah Pendekar Pemanah Rajawali (Sia Tiauw Eng Hiong), lalu Kembalinya Pendekar Rajawali (Sin Tiauw Hiap Lu) maka kisah jago-jago luar biasa seperti Yo Ko dan yang lain-lain tertunda karena pembuatan Kisah Membunuh Naga (To Liong To). Walaupun Kisah Membunuh Naga masih bisa dianggap sebagai lanjutan Kembalinya Pendekar Rajawali, namun kisah itu dapat dibilang berdiri sendiri, karena di dalam Kisah Membunuh Naga hanya menyinggung sebagian kecil dari Kak Wan Sian Su (dari Siauw Lim Sie), Kwee Siang (puteri Kwee Ceng - Oey Yong, yang akhirnya menjadi pendiri partai perguruan silat Go Bie Pay), dan Thio Kun Po (pendiri Butong Pay yang akhirnya mengganti nama menjadi Thio Sam Hong). Kemudian setelah tertunda pula oleh dibuatnya Pendekar Negeri Tayli maka kini kami melanjutkan pula Kembalinya Pendekar Rajawali dengan cerita Rajawali Sakti dari Langit Selatan (Sin Tiauw Thian Lam).
Sebagai lanjutan Kembalinya Pendekar Rajawali, maka cerita Rajawali Sakti dari Langit Selatan menceritakan seluruh kegiatan Yo Ko bersama-sama dengan semua jago-jago yang pernah pembaca kenal di dalam Kembalinya Pendekar Rajawali, serta dengan munculnya jago-jago baru yang luar biasa tingkat kepandaiannya, di samping yang akan memegang peran adalah putera Sin-tiauw Tayhiap Yo Ko dengan Siauw Liong Lie yang bernama Yo Him, yang akan terlibat oleh persoalan dan urusan-urusan luar biasa.

***

Cerita Silat Lain yang Terkait dengan Trilogi Pendekar Pemanah Rajawali

Judul : Kisah Membunuh Naga (To Liong To/Bu Kie)

Series : Trilogi Pendekar Rajawali
Penulis : Ching Yung/Jin Yong
Genre : Cerita Silat Mandarin  
 
Kisah Membunuh Naga atau kadang disebut Kisah Pedang Langit dan Golok Naga kalau dirunutkan merupakan bagian terakhir dari Trilogi Rajawali, meski tokoh-tokoh utamanya tidak terhubung secara langsung dengan kedua bagian sebelumnya. 
Sinopsis :
Latar belakang dimulai pada zaman Dinasti Yuan, setelah kota Siangyang akhirnya jatuh ke tangan Mongol. Cerita berkisar seputar dua senjata sakti yang bernama Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga, yang diperebutkan di dunia persilatan. Kedua senjata tersebut berasal dari pedang baja milik Pendekar Rajawali Yo Ko dan dibuat atas permintaan Oey Yong dan Kwee Ceng, pendekar besar dalam dua novel sebelumnya.Konon bila kedua senjata tersebut disatukan, kedua senjata tersebut dapat memberi pemiliknya kekuasaan yang tak tertandingi, sehingga dia dapat membebaskan China dari penjajahan Mongolia.

Tokoh utama kisah Pedang Langit dan Golok Naga ini adalah seorang anak laki-laki bernama Thio Bu Ki, yang memperoleh ilmu hebat dari Buku Sembilan Matahari dan buku Sembilan Gulungan Keramat. Thio Boe Ki adalah anak dari pendekar aliran lurus Butong, yaitu Thio Cui San. Ayah Boe Ki adalah murid dari Thio Sam Hong. Sementara ibunya, In So So, berasal dari partai Elang Langit yang dianggap sesat. Thio Boe Ki lahir di pulau terpencil di sebelah utara Cina setelah orang tuanya terdampar dan terisolasi di pulau tersebut bersama ayah angkatnya Xie Xun. Xie Xun adalah orang yang paling dicari di dunia persilatan karena dianggap telah menbunuh tetua dari berbagai partai dan menyimpan Golok Pembunuh Naga. Saat kembali ke Cina daratan, orangtua Boe ki meninggal bunuh diri di depan matanya karena menolak paksaan para pendekar dunia persilatan untuk menunjukkan keberadaan Xie Xun dan Golok Pembunuh Naga.

Petualangan Boe Ki membawanya mempelajari kitab Kiu Yang Cin Keng, membantu resolusi konflik antara Sekte Ming dengan enam perguruan aliran lurus yang ingin menghabiskan Sekte Ming yang dianggap sesat. Ia mendapat kehormatan untuk menjadi ketua Sekte Ming, setelah berhasil menguasai ilmu Menaklukkan Langit dan Bumi.Selain konflik antar perguruan silat, Boe Ki juga terlibat urusan asmara dengan empat perempuan yang mencintainya.

Sebagai ketua Sekte Ming, Thio Bu Ki memungkinkan salah seorang anak buahnya bernama Cu Goan Ciang, untuk menjadi pendiri dinasti baru China, dinasti Ming. Sementara Thio Bu Ki pergi menyongsong matahari terbenam bersama Tio Beng seorang putri Mongol yang menjadi kekasihnya.
****

Beruang Salju
    
KISAH Beruang Salju ini merupakan cerita lanjutan dari kisah-kisah Hoa San Lun Kiam, Lima Jago Luar Biasa, Sia Tiauw Eng Hiong (Pendekar Pemanah Rajawali - Kwee Ceng), Sin Tiauw Hiap Lu (Kembalinya Pendekar Rajawali - Yo Ko) dan Sin Tiauw Thian Lam (Rajawali Sakti dari Langit Selatan). 
Di dalam kisah Beruang Salju ini para pembaca akan bertemu dengan seorang tokoh dengan bermacam perangai yang aneh-aneh dan kepandaian yang luar biasa, para pembaca juga masih bisa bertemu dengan tokoh-tokoh lama, seperti Yo Ko, Kwee Ceng, Yo Him (anak Yo Ko yang bergelar Rajawali Sakti dari Selatan), Oey Yok Su, dan lain-lainnya. Tetapi secara keseluruhannya, kisah Beruang Salju ini merupakan cerita yang benar-benar menarik, dimana walaupun sebagai kelanjutan dari cerita Sin Tiauw Thian Lam, akan tetapi bisa dibaca tersendiri. Nah, silahkan para pembaca mengikuti cerita ini.

****
Link download Cersil Trilogi Pendekar Pemanah Rajawali


Pendekar Pemanah Rajawali - 1. Memanah Burung Rajawali.pdf

Pendekar Pemanah Rajawali - 2. Kembalinya Sang Pendekar Rajawali.pdf

Pendekar Pemanah Rajawali - 3. Rajawali Sakti dari Selatan.pdf

Pertikaian Tokoh-Tokoh Persilatan (Hoa san Lun kiam).pdf (Cerita asal usul 5 tokoh sakti: Sesat Timur, Racun Barat, Pengemis utara, Raja Selatan dan Dewa Pusat)

Lima Jago Luar Biasa (See Tok Ouw Yang Hong Tay Toan).pdf (Cerita sepak terjang 5 tokoh sakti: Sesat Timur, Racun Barat, Pengemis utara, Raja Selatan dan Dewa Pusat)

Pedang Langit dan Golok Naga (To Liong To).pdf
Jurus Sakti Cengkeraman Tulang Putih (Kiu Im Pek Kut Jiauw).pdf (kelanjutan dari cerita silat golok pembunuh naga)

Sin Liong - Biruang Salju.pdf (cerita penutup dari trilogi pendekar pemanah rajawali)


Cerita silat lainnya

Jejak para suhu